Hello guest! It looks like you aren't a member already. Get now full access and register for free! And Don't Forget to get our KOI's ID Member Card
spectrum bosco  
  • HTP Kontes Koi Lokal Indonesia 2011: MIMPI YANG MENJADI NYATA

    HTP Kontes Koi Lokal Indonesia 2011 diikuti 719 peserta dari 19 kota. Sang Juara Utama (Grand Champion) datang dari Lebak Bulus -- Showa Sanshoku 47cm milik Anggit Safiro, hasil pijahan Agung Pribadi.



    Pada mulanya hanya mimpi, lalu mewujud nyata dan meriah. Peking Budiono, pedagang koi lokal di kompleks Hanggar Teras Pancoran, Jakarta Selatan tahu benar, sebagai orang yang sehari-hari hanya bergelut dengan urusan memilih, membesarkan dan memasarkan koi-koi dari Blitar, ia sungguh tak berpengalaman dalam menyelenggarakan kontes koi. “Beruntung, kami berada di lingkungan para penggemar koi yang bersahabat, yang mau berbagi ilmu, sehingga kami percaya diri untuk menggelar kontes ini,” kata Peking Budiono, Ketua Panitia HTP Kontes Koi Lokal Indonesia 2011.

    Dan jadilah kontes ini digelar di bawah tenda beralas papan dan karpet jalan samping deretan kios-kios para pedagang ikan koi, memanjang 50-an meter -- tapi inilah kemeriahan pesta perdana penggemar koi lokal tanah air: HTP Kontes Koi Lokal Indonesia 2011, 4-6 Maret 2011.

    Memperebutkan Piala Bergilir Menteri Kelautan dan Perikanan untuk Juara Umum, kontes ini boleh disebut sukses. HTP Koi Club, kelab koi baru yang beranggotakan puluhan pedagang koi di Hanggar, berhasil mendatangkan 719 peserta dari 19 kota di Indonesia. Tak heran jika delapan juri di kontes ini harus membagi diri jadi dua tim. Sejumlah kelas varietas seperti goromo, kohaku, showa, shusui/asagi, oleh para peserta dianggap sebagai partai neraka mengingat koi-koi yang berlomba di kelas ini sungguh berjibun dengan kualitas di atas rata-rata.

    Kebahagiaan hari itu milik Anggit Safiro, penggemar koi dari Jakarta Selatan yang merebut gelar tertinggi, Juara Utama (Grand Champion) untuk Showa Sanshoku ukuran 47cm miliknya. Anggit, yang juga Sekretaris Jenderal KOI’s, juga sukses merebut Piala Bergilir Menteri Kelautan dan Perikanan sebagai Juara Umum lewat perolehan 10 gelar juara.



    Uniknya, sang juara adalah koi hasil pijahan sahabatnya sendiri, salah satu pentolan KOI’s, Agung Pribadi dari Lebak Bulus Koi Farm. Showa ini adalah anakan dari Kohaku Sakai berdarah indukan Ruby.

    Begitulah. Peking Budiono tampak begitu gugup saat menutup acara ini. Ia tak menyangka antusiasme penggemar koi sebesar itu. Terbata-bata, ia mengucap syukur dan harapan untuk kelak menggelar acara yang lebih besar. Ia berharap, kontes ini bukan yang pertama dan kemudian berakhir tanpa kelanjutannya di tahun-tahun mendatang.

    “Kontes ini diharapkan menjadi momentum bagi kebangkitan dan pemuliaan koi lokal. Semoga kontes ini kelak menjadi tolok ukur pencapaian kerja keras dan ketekunan para petani dan penggemar yang menghasilkan anakan-anakan terbaik yang layak tampil di kontes-kontes koi dan bersanding dengan koi-koi berkualitas dari luar negeri,” katanya.

    Tyo Arungtasik
  • Posting Terbaru

    owi

    asik ditunggu pengirimannya

    KOI-S Magazine Edisi No. 35 / Vol VI / Agustus - September 2014

    owi Yesterday, 02:59 PM Go to last post
    owi

    hasil akhir om yang menentukan
    hehehe om tww kan udah proven hasil akhir memuaskan

    Kc senang senang kedua

    owi Yesterday, 02:23 PM Go to last post
    Tri Wisnu Whardana

    Kecuali ikan saya.. .

    Kc senang senang kedua

    Tri Wisnu Whardana Yesterday, 02:07 PM Go to last post
    Koismagazine

    Sudah diemail Om.
    Tks

    Konfirmasi Anggota Baru & Perpanjangan Anggota

    Koismagazine Yesterday, 12:04 PM Go to last post
  • Thread Terbaru

    interisti

    sinking koi, why ?

    Thread Starter: interisti

    Om2 senior sekalian, nubie ada pertanyaan mengenai ikan yg sinking :

    1. Apa yg menyebabkan koi menjadi sinking ?
    2. Apa ada gejala

    Yesterday, 06:53 AM by m_yogaswara Go to last post